Leuwi Hejo Sentul Bogor

Wisata Leuwi Hejo, Kejernihan Air Sungai Yang Memesona!

Leuwi Hejo merupakan salah satu tempat wisata alam di Bogor yang sedang hits saat ini. Airnya yang sangat jernih di kelilingi bebatuan alam yang eksotis serta bukit hijau yang menjulang tinggi menjadikan Leuwi Hejo semakin menarik untuk dikunjungi, terutama oleh para pecinta keindahan alam.

Leuwi Hejo berlokasi di Cibadak, Sukamakmur Bogor, berdekatan dengan kawasan wisata Gunung Pancar. Leuwi Hejo lebih dikenal dengan nama Curug Bengkok oleh masyarakat setempat. Dalam bahasa sunda Leuwi artinya cekungan didasar sungai yang memiliki kedalaman tertuntu dengan genangan air yang cukup tenang namun cukup deras di bagian dasarnya. Hal tersebut dipengaruhi oleh aliran air yang berasal dari dataran sungai yang lebih tinggi, menyerupai curug sehingga tekanan air lebih menekan ke dasar sungai dari pada ke permukaan sungai. Hal tersebut pula yang menyebabkan terbentuknya sebuah leuwi atau dalam bahasa jawa di sebut kedung.

Berenang Di Leuwi Hejo

Kunjungan WNA ke Leuwi Hejo

Menurut saya tempat wisata ini cukup istimewa, karena selain keindahan alamnya, Leuwi Hejo merupakan tempat wisata yang bersih bebas dari polusi. Untuk sekedar mengobati kejenuhan atas rutinitas perkotaan yang begitu padat, tempat ini layak untuk dijadikan referensi. Gemericik suara air yang begitu jernih membangkitkan gairah untuk bergumul didalamnya. Siapa sih yang tidak suka bermain air? Sepertinya semua orang menyukainya. Karena air mampu membuat tubuh dan jiwa kita lebih damai dan segar. Semua beban hidup dan pikiran seakan sirna saat asik bermain air, terlebih jika air tersebut sangat jernih dan dingin, otomatis akan memberi kesejukan bagi setiap makhluk yang menyentuhnya.

 

Ada apa saja di Leuwi Hejo

 

Selain Leuwi Hejo, dilokasi wisata ini juga terdapat beberapa leuwi lainnya seperti Leuwi Cepet, Leuwi Liek juga beberapa curug seperti Curug Barong dan lainnya. Untuk lokasi yang paling berdekatan dengan Leuwi Hejo adalah Curug Barong. Sedangkan untuk menuju ke Leuwi Cepet dan Leuwi Lieuk yang lebih dikenal sebagai Little Green Canyonnya Kota Bogor, kamu harus berjalan kaki sekitar 1 jam dengan berjalan santai menuju arah atas. Jalur yang akan dilalui adalah jalan setapak dengan tebing yang cukup terjal di salah satu sisinya serta track yang naik turun dipastikan akan banyak menguras tenaga, sehingga sebaiknya kamu melaluinya dengan santai sehingga tidak terlalu lelah saat tiba dilokasi Leuwi Cepet dan Leuwi Lieuk. Berhubung antara Leuwi Hejo dan Leuwi Lieuk beda pengelola, maka untuk memasuki kedua leuwi tersebut kamu akan dikenakan biaya berlapis.

 

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengunjungi Leuwi Hejo?

 

Menurut saya waktu yang tepat untuk mengunjungi Leuwi Hejo adalah dipagi hari. Karena udara sejuk ala pegunungan masih dapat kita nikmati dan belum padat pengunjung. Sehingga kamu akan lebih leluasa menikmati keindahan alam disana sambil bermain air yang jernih dan sejuk. Terlebih untuk kamu yang menyukai fotografi, akan lebih mudah mengambil angle foto terbaik tanpa adanya gangguan dari pengunjung lain. Sedangkan waktu yang tepat untuk meninggalkan Leuwi Hejo menurut saya adalah hingga maksimal pukul 15.00 WIB. Mengingat kota Bogor sering turun hujan disore hari, maka kondisi jalan akan lebih licin, juga karena daerah tersebut rawan longsor sehingga akan lebih baik jika kita jangan terlalu sore berada di kawasan wisata Leuwi Hejo.

jembatan leuwi hejo

suasana leuwi hejo

Akses Menuju Leuwi Hejo

  1. Akses Menuju Leuwi Hejo Dengan Mobil
    Untuk kamu yang menuju Leuwi Hejo dengan kendaraan mobil pribadi, kamu dapat melaluinya dengan menggunakan jalur Tol Jagorawi, untuk rute dari arah Bogor kamu harus keluar di Gerbang Tol Sentul Selatan 2. Sedangkan dari arah Jakarta, kamu wajib keluar di gerbang tol Sentul City – Kedung Halang. Kemudian melanjutkan perjalan menuju Sentul City via Jl. M.H.Thamrin, setelah memasuki Jl M.H. Thamrin kamu tinggal lurus terus menuju Jl. Siliwangi, setelah berada di ujung Jl Siliwangi, kamu masuk ke Jl. Bali Raya terus lurus hingga ketemu bundaran Sentul Nirwana. Setelah tiba di bundaran Sentul nirwana, belok kiri menuju Jl. Jungle Land kemudian setelah berada di ujung belok kanan sedikit lalu belok kiri masuk ke Jl. Gunung Pancar, tidak lama kemudia akan bertemu dengan pertigaan, di pertigaan itu kamu ambil kiri masuk ke Jl. Raya Babakan karena kalau kamu ambil kanan, maka kamu akan masuk ke kawasan wisata Gunung Pancar. Setelah masuk ke Jl. Raya Babakan kamu tinggal lurus terus menuju Jl. Cimandala, masih terus lurus menuju Jl. Wangoon dan masih lurus menuju Jl. Kecibadak. Tidak lama setelah memasuki Jl. Kecibadak kamu akan bertemu gerbang masuk menuju Leuwi Hejo di sebelah kanan jalan. Biasanya dipintu gerbang tersebut ada seorang penjaga yang siap membantu kamu memarkirkan kendaraan untuk masuk menuju lokasi Leuwi Hejo dan disinilah titik awal petualangan kamu, karena kamu masih harus berjalan kaki menuju lokasi Leuwi dan Curug.
  2. Akses Menuju Leuwi Hejo Dengan Motor
    Untuk kamu yang ingin menuju Leuwi Hejo dengan mengendarai Sepeda Motor, kamu bisa melaluinya via Jl. Bogor Raya. Setelah memasuki wilayah Cibinong, kamu akan bertemu dengan lampu merah Simpang Sentul. Jika kamu dari arah Jakarta, kamu tinggal belok kiri memasuki Jl. Alternatif Sentul munuju arah Sirkuit Sentul. Demikian juga dengan kamu yang dari arah Bogor, setelah bertemu dengan Simpang Sentul kamu tinggal belok kanan memasuki Jl. Alternatif Sentul munuju arah Sirkuit Sentul. Setibanya di depan pintu gerbang Sirkuit Sentul kamu tinggal belok kanan, nah disini kamu tinggal lurus terus memasuki Jl. Raya Sirkuit Sentul, Jl. Raya Babakan Madang, Jl. Jend. Sudirman hingga bertemu Bundaran Jl. M.H Thamrin. Setelah bertemu bundaran kamu tinggal belok kiri dan lurus terus memasuki kawasan Sentul City dengan mengikuti panduan yang sama seperti yang sudah saya informasikan di rute Menuju Leuwi Hejo Dengan Mobil pada submenu diatas.

 

Harga Tiket Kawasan Wisata Leuwi Hejo

 

Untuk dapat menikmati kawasan wisata Leuwi Hejo, kamu akan dikenakan tarif yang berlapis-lapis untuk itu kamu harus mempersiapkannya, jangan sampai kamu kehabisan ongkos karna harus bayar ini dan itu di lokasi wisata.

Pintu Masuk Leuwi Hejo

Berikut biaya tiket yang harus kamu bayar saat berkunjung ke kawasan wisata Leuwi Hejo:

  1. Tiket Masuk:
    • Leuwi Hejo + Curug Barong Rp.15.000,-/orang
    • Leuwi Cepet + Leuwi Lieuk 10.000,-/orang
  2. Tiket Parkir
    • Parkir Masuk 8.000,-/motor dan Rp. 15.000,-/mobil
    • Penunggu Parkir Rp 2.000,- s/d Rp 10.000,- (Seikhlasnya)
  3. Penggunaan Fasilitas
    • Toilet dan Ruang Ganti Rp 2.000,- s/d 5.000,-/orang
    • Penitipan Barang Rp 2.000,- s/d 5.000,-/orang
  4. Lain-lain
    Kamu juga harus mempersiapkan biaya lain-lain tak terduga, karena disini banyak anak kecil yang meminta-minta uang, meskipun tidak memaksa tapi kamu juga harus mempersiapkannya sapa tau kamu sedang berbaik hati ingin memberikan uang seikhlasnya.

 

Penginapan Di Leuwi Hejo

 

Terdapat banyak penginapan disekitar Leuwi Hejo yang dapat kamu singgahi saat berlibur ke Leuwi Hejo, Diantaranya:

  1. Rumah Sawah Sentul
    Jalan Cibadak, Desa Sukamakmur , Sentul, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16830
  2. Paradiso Hut
    Jalan Air Terjun Bidadari, Kampung Curug, Bojong Koneng, Sentul, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Indonesia
  3. Edensor Hills Villa, Resort & Cafe
    Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16810
  4. Pasebanan Villa
    Desa Karang Tengah No. 137, Rt.03/Rw. 02 Kelurahan karang tengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor – Jawa Barat, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16810
  5. Griya Tampak Siring
    Jl. Tampak Siring III No.10 Cluster : Taman Tampak Siring Sentul City, Bogor, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16810
  6. Trevpack TTS
    Jalan Taman Tampak Siring VIII No.35, Sentul Selatan, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16810
  7. Hotel NEO+ Green Savana
    Jalan Siliwangi No. 1, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16810
  8. De’pes Villa Resto & Offroad land
    Jalan Bojongkoneng, Cijayanti, Babakan Madang, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16810
  9. Aston Sentul Lake Resort & Conference Center
    Jalan Pakuan No.03, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16810
  10. HARRIS Hotel Sentul City Bogor
    Jendral Sudirman no 1 , Sentul, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16810

suasana leuwi hejo

keceriaan pengunjung leuwi hejo

suasana leuwi hejo

Camping Di Curug Leuwi Hejo

 

Terdapat camp area yang tersedia di sekitar Leuwi Hejo, Curug Barong, Leuwi Cepet dan Leuwi Lieuk. Ciptakan suasana berkemah yang berbeda dengan ber Camping di Curug Leuwi Hejo dan sekitarnya. Silahkan menghubungi pihak pengelola jika kamu ingin melaksanakan camping bersama komunitas maupun organisasi lain yang kamu ikuti. Ikuti petunjuk dan peraturan yang di instruksikan pihak pengelola supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diharapkan.

 

Alamat Leuwi Hejo

Cibadak, Sukamakmur, Cibadak, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16830

Jam Buka Leuwi Hejo

Leuwi Hejo buka setiap hari mulai dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 05.30 WIB


Peta Lokasi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *