Wisata Kota Tua Jakarta

Kota Tua, Wisata Murah Primadona Warga Jakarta

Sebagai ibu kota Negara Kesatuan Republik Indonesia, Jakarta memiliki banyak tempat wisata sebagai tempat untuk melepas penat atas padatnya rutinitas sehari-hari. Salah satunya adalah Wisata Kota Tua, yang berada di wilayah Jakarta Barat.

Kota Tua adalah tempat wisata sejarah yang pernah menjadi kota terpenting di jaman penjajahan Hindia Belanda. Dimana pada saat itu Kota Tua dijadikan sebagai pusat pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Seiring berjalannya waktu, pasca pemerintah Hindia Belanda menyerah dari para pejuang bangsa untuk merebut kembali Negara Kesatuan Republik Indonesia, Kota Tua dialih fungsikan sebagai tempat wisata yang memiliki beragam informasi berharga seputar sejarah Batavia.

 

Ada Apa Saja Di Kota Tua

Karena wilayahnya yang cukup luas, Kota Tua memiliki tempat-tempat wisata menarik yang layak untuk kamu kunjungi sebagai sarana menambah ilmu pengetahuan seputar sejarah terbentuknya Kota Jakarta. Beberapa tempat wisata menarik tersebut adalah:

  1. Pelabuhan Sunda Kelapa
    Berlokasi di ujung utara Jakarta, Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan pelabuhan kuno yang pernah menjadi pelabuhan perdagangan internasional teramai dimasa kejayaan Batavia yang saat ini bernama Jakarta.
  2. Museum Fatahillah
    Museum Fatahillah  juga dikenal dengan nama Museum Kesejarahan Jakarta atau Museum Batavia merupakan salah satu museum sejarah Jakarta. Museum ini terdiri dari tiga lantai, dan memiliki tak kurang dari 25.000 koleksi benda bersejarah. Di museum ini kamu dapat melihat berbagai benda bersejarah seperti furnitur, keramik, meriam, prasasti, dan artefak unik lainnya yang sudah mengiringi perkembangan kota Jakarta.
  3. Museum Bank Indonesia
    Museum Bank Indonesia dahulu merupakan Binnen Hospital. Namun seiring berjalannya waktu, dialih fungsikan menjadi De Javasche Bank pada tahun 1828. De Javasche Bank merupakan cikal bakal terbentuknya Bank Indonesia.
  4. Museum Bank Mandiri
    Museum Bank Mandiri pada awalnya adalah gedung Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM) atau Factorji Batavia yang merupakan perusahaan dagang milik Belanda. Seiring berjalannya waktu fungsi gedung ini mengalami beberapa perubahan, dan pada akhirnya di tahun 1999 gedung ini difungsikan sebagai Museum Bank Mandiri yang merupakan asset milik Bank Mandiri.
  5. Museum Wayang
    Pada awalnya bangunan Museum Wayang bernama De Oude Hollandsche Kerk yang merupakan sebuah Gereja Lama Belanda. Gedung ini dibangun pertamakali pada tahun 1640. Seiring berjalannya waktu, gedung ini dialih fungsikan sebagai Museum Wayang. Berbagai bentuk dan ukuran Wayang dengan bahan pembuatan dan asal usul yang berbeda terpajang di museum ini. Hingga saat ini Museum Wayang memiliki koleksi lebih dari 4.000 buah wayang. Wayang-wayang di museum ini terdiri atas wayang kulit, wayang golek, wayang kardus, wayang rumput, wayang janur, topeng, boneka, wayang beber dan gamelan.

Selain kelima tempat wisata tersebut, Kota Tua masih memiliki tempat wisata lain yang tidak kalah menarik. Diantaranya: Toko Merah, Museum Bali Seni Rupa dan Keramik, Museum Bahari, Jembatan Kota Intan dan masih banyak lagi lokasi menarik lainnya.

 

Jam Buka Kota Tua

Untuk kawasan wisatanya sendiri Kota Tua buka setiap hari selama 24 jam, namun untuk wisata museum di Kota Tua memiliki jam buka yang berbeda-beda, yaitu:

  1. Museum Bank Indonesia bisa dikunjungi setiap hari, untuk hari Selasa – Kamis, museum ini buka antara pukul 8:00 WIB sampai dengan pukul 14:30 WIB. Pada hari Jumat museum ini buka pukul 08:00 WIB sampai dengan pukul 11:00 WIB.  Sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu, museum ini buka antara pukul 9:00 WIB sampai 16:00 WIB.
  2. Museum Mandiri buka setiap hari Selasa – Minggu pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB. Sedangkan pada hari Senin dan hari besar nasional museum ini tutup.
  3. Museum Fatahillah atau Museum Kesejarahan Jakarta buka setiap hari Selasa – Minggu pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB. Sedangkan pada hari Senin dan hari besar nasional museum ini tutup.
  4. Museum Wayang buka setiap hari Selasa – Minggu pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. Sedangkan pada hari Senin dan hari besar nasional museum ini tutup.
  5. Museum Bali Seni Rupa dan Keramik buka setiap hari Selasa – Minggu pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. Sedangkan pada hari Senin dan hari besar nasional museum ini tutup.

 

Tiket Masuk Kota Tua

Untuk dapat memasuki wilayah wisata kota tua tidak dipungut biaya, sedangkan untuk dapat menikmati wisata museum sejarah yang ada di kota tua kamu akan dipungut biaya tiket masuk dengan tarif yang berbeda-beda. Berikut adalah harga tiket masuk museum sejarah yang ada di Kota Tua:

  1. Museum Bank Indonesia Rp. 5.000,- per orang.
  2. Museum Fatahilah Rp.5.000,- per orang.
  3. Museum Bank Mandiri  Rp 5.000,- untuk pelajar dan mahasiswa GRATIS! cukup tunjukan Kartu Pelajar / KTM.
  4. Museum Wayang untuk Dewasa Rp5.000,- untuk Mahasiswa Rp3.000,- untuk Pelajar Rp2.000,- sedangkan untuk Balita Gratis!
  5. Museum Bali Seni Rupa dan Keramik untuk Dewasa Rp5.000,- untuk Mahasiswa Rp3.000,- untuk Pelajar Rp2.000,- sedangkan untuk Balita Gratis!

 

Lokasi Kota Tua

Kota Tua berlokasi di dua wilayah administrasi, yaitu Wilayah Jakarta Utara untuk Museum Bahari dan Pelabuhan Sunda Kelapa, dan Wilayah Jakarta Barat untuk Taman Fatahillah, Museum Fatahillah dan Museum Sejarah lainnya.

 

Alamat Kota Tua

Jalan Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110

 

Peta Lokasi Kota Tua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *