Wira Wisata Goa Pindul

Wisata Goa Pindul, Bejiharjo, Gunungkidul

Siapa sih yang belum pernah mendengar nama Goa Pindul? bagi kamu yang suka wira-wiri nge-backpacker ke Jogja pesti sering mendengar nama ini. Goa yang memiliki banyak cerita dan keunikan yang berada di kawasan wisata Gunungkidul.

Susur Goa Pindul

Sejarah Goa Pindul

Menurut cerita, nama Goa Pindul berasal dari kisah seorang bayi laki laki hasil buah cinta Putri Penambahan Senopati Mataram yang hendak dibunuh. Dikisahkan, Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Pemanahan di utus oleh Penambahan Senopati Mataram, untuk membunuh bayi laki-laki hasil buah cinta Putri Penambahan Senopati. Kedua abdi tersebut melakukan perjalanan ke arah Gunung Kidul.

Namun dalam perjalanannya, kedua Abdi tersebut sepakat untuk mengurungkan niatnya membunuh bayi tersebut. Karena sepanjang perjalanan bayi tersebut terus menangis, kedua Abdi tersebut berniat untuk memandikan bayi tersebut. Dengan kesaktian yang dimiliki Ki Juru Mertani menaiki sebuah bukit, kemudian dirinya menghantakan kaki dipuncak bukit tersebut. Karena kesaktian yang dimilinya, akhirnya tanah yang ia pijak runtuh dan membentuk sebuah lubang besar dengan aliran air dibawahnya.

Lalu dibawalah bayi tersebut ke aliran air yang telah terbentuk tadi untuk dimandikan. Saat sedang dimandikan, salah satu “pipi” bayi tersebut terbentur (dalam bahasa Jawa bermakna “Kebendul”) sebuah batu yang berada di aliran air tersebut. karena pipi bayi tersebut Kebendul batu, maka disimpulkan untuk menamai lubang besar tersebut dengan nama Pindul (singkatan dari Pipi Kebendul). Dan hingga saat ini nama Goa Pindul terus digunakan dan semakin dipopulerkan.

Goa pindul Jogja

Apa yang menarik di Goa pindul

Goa pindul memiliki ragam keunikan yang tidak dimiliki oleh tempat wisata lain yang sejenis. Keindahan alam di sekitar goa serta terbentuknya batu-batu stalaktit secara alami di dalam goa, menjadikan daya tarik tersendiri.

Selain keindahan alam dan keunikan batu stalaktit, juga hadirnya mitos-mitos yang tersebar luas dikalangan wisatawan sehingga makin membuat mereka penasaran dan ingin membuktikan kebenaran mitos tersebut. Adapun mitos-mitos tersebut adalah mitos Batu Perkasa yang dipercaya dapat menjadikan seorang pria akan menjadi semakin perkasa jika menyentuh batu perkasa yang ada di dalam goa. Dan mitos adanya batu Mutiara yang membuat para wanita akan semakin cantik dan awet muda jika beruntung terkena tetesan air dari batu tersebut.

Harga Relatif Murah

Untuk dapat menyusuri goa pindul dan menikmati fasilitas yang ada, tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, pasalnya harga yang ditawarkan relatif murah dan terjangkau untuk kalangan pelajar sekalipun. Dengan harga murah kamu sudah dapat menikmati indahnya goa pindul, peralatan tubing, transportasi antar jemput, serta keramahan pelayanan dari para pemandu lokal yang siap mendampingi dan menjelaskan secara detail apa saja yang ada di Goa Pindul.

Tubing Goa Pindul

Lokasi Goa Pindul

Goa Pindul terletak di kawasan batuan karts Dusun Gelaran 2, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Sekitar 2 Jam ditempuh dengan kendaraan pribadi, dari pusat kota Yogyakarta.

Peta Lokasi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *