Transportasi Ke Kawasan Wisata DIeng

Transportasi Ke Dieng Jawa Tengah

Terdapat tiga jalur yang dapat kamu gunakan menuju Kawasan Wisata Dieng. Untuk mencapai lokasi wisata kamu dapat menempuhnya dengan menggunakan jalur transportasi udara, transportasi darat dengan menggunakan Bus Umum, juga transportasi darat dengan menggunakan kereta api.

Berikut adalah tips transportasi menuju Dieng yang telah berhasil saya kumpulkan berdasarkan pengalaman pribadi dan beberapa teman yang pernah backpacker ke Kawasan Wisata Dieng:

 

Ke Dieng Naik Pesawat

Apabila Batrakers ingin ke Dieng dengan menggunakan jalur udara, kamu bisa melalui Bandara Internasional Soekarno – Hatta dengan mengambil jalur penerbangan menuju Bandara Adi Sucipto Yogyakarta. Selain menggunakan jalur pernerbangan menuju Yogyakarta, kamu pun bisa mengambil jalur penerbangan tujuan Bandara Internasional Achmad Yani Semarang.

Jika kamu menggunakan jalur penerbangan via Yogyakarta, setibanya di Yogyakarta kamu dapat menggunakan transportasi umum Dari Bandara ke terminal Jombor, atau bisa juga ke Terminal Giwangan, kemudian naik bus jurusan Wonosobo, setibanya di Wonosobo perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan Mikro Bus Jurusan Wonosobo-Dieng-Batur dan turun di Kawasan Wisata Dieng dengan jarak tempuh sekitar 1 Jam.

Apabila Batrakers menggunakan jalur penerbangan via Semarang, setibanya di Semarang kamu bisa menggunakan transportasi umum Dari Bandara ke terminal, kemudian naik bus jurusan Wonosobo atau Purwokerto kemudian turun di Wonosobo, setibanya di Wonosobo perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan Mikro Bus Jurusan Wonosobo-Dieng-Batur dan Turun di Kawasan Wisata Dieng.

 

Ke Dieng Naik Bus

Untuk Batrakers yang inginmenuju Kawasan Wisata Dieng  dengan menggunakan jalur transportasi darat via bus umum, saya sarankan menggunakan bus jurusan Jakarta – Banjarnegara – Wonosobo berikut :

  • Dari Terminal Bus Pulogebang bisa naik bus (Sinar Jaya, DMI, Malino Putra, Pahala Kencana, Rosalia Indah).
  • Dari Terminal Bus Lebak Bulus bisa naik bus (Sinar Jaya, DMI, Malino Putra, Pahala Kencana)
  • Dari Terminal Bus Kampung Rambutan bisa naik bus (Sinar Jaya, DMI, Malino Putra, Pahala Kencana, Rosalia Indah)
  • Dari Terminal Bus Kalideres bisa naik bus (Sinar Jaya, DMI, Malino Putra, Pahala Kencana, Rosalia Indah)
  • Dari Pulomas bisa naik Bus Pariwisata Super Eksekutifnya New Rejeki (Rejeki Baru), Bus ini dapat kamu naiki hanya dari Komplek Pertokoan Pulomas (Samping Perempatan Lampu Merah Kelapa Gading arah Pulogadung). Untuk dapat menggunakan bus yang satu ini , kamu harus melakukan pemesanan jauh-jauh hari, karena armada bus ini terbatas dengan jumlah pelangan yang cukup banyak, sehingga jika memesan secara mendadak kamungkinan kamu tidak bisa mendapatkan tiketnya.

Untuk bus-bus lain saya kurang merekomendasikan dengan alasan keamanan dan kenyamanan, tarif masing-masing bus bervariasi tergantung kelas dan fasilitas yang disediakan oleh masing-masing armada.

Untuk Jalur transportasi darat via bus umum, kamu dapat turun di terminal bus Kota Banjarnegara, kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Micro Bus Jurusan Banjarnegara – Batur dan Turun di Pasar Batur, kemudian naik lagi Micro Bus jurusan Batur – Dieng – Wonosobo dan Turun di Dieng. Selain menggunakan jalur via Banjarnegara,  kamu juga menggunakan jalur via Wonosobo. Dari Jakarta kamu bisa turun di Terminal Wonosobo kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menaiki Micro Bus jurusan Wonosobo – Dieng – Batur. turun di  Kawasan Wisata Dieng.

 

Ke Dieng Naik Kereta Api

Selain dengan menggunakan kedua jalur transportasi diatas, untuk menuju Kawasan Wisata Dieng kamu dapat menggunakan jalur transportasi darat via kereta Api. Untuk pemberangkatannya dengan menggunakan Kereta Api, kamu dapat melalui Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen. Jika kamu menginginkan naik kereta dengan tarif yang lebih terjangkau kamu bisa memilih naik kereta melalui Stasiun Pasar Senen, dengan menggunakan kereta yang melintasi setasiun Purwokerto. Dari Stasiun Purwokerto kamu dapat melanjutkan perjalanan menuju Banjarnegara / Wonosobo melalui terminal Purwokerto. Dari stasiun menuju terminal purwokerto kamu dapat menaiki angkot dengan nomor B2 berwarna Orange.

Setelah sampai di  Terminal Purwokerto kamu bisa naik Micro Bus Jurusan Banjarnegara dan turun di Terminal Bus Banjarnegara. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan Micro Bus Jurusan Banjarnegara – Batur dan Turun di Pasar Batur. Sesampainya di Pasar Batur kemudian naik lagi Micro Bus jurusan Batur – Dieng – Wonosobo dan Turun di Kawasan Wisata Dieng. Selain naik Micro Bus via jalur Banjarnegara, dari Terminal Bus Purwokerto, kamu juga bisa menaiki Bus 3/4 jurusan Wonosobo dan sesampainya di terminal Wonosobo kemudian perjalanan dilanjutkan kembali dengan menggunakan Micro Bus jurusan Wonosobo – Dieng – Batur dan turun di Kawasan Wisata Dieng.

Itulah tips transportasi menuju Kawasan Wisata Dieng melalui Jalur Udara, Jalur Darat Via Bus Umum dan jalur darat via Kereta Api. Semoga tips tersebut dapat membantu para Batrakers yang hendak berwisata menuju Dieng. Happy Traveler!


Peta Lokasi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *