kawah putih ciwidey

Terpikat Indahnya Kawah Putih Ciwidey

Sebenarnya saya sudah bertahun-tahun menantikan momen yang tepat untuk berwisata ke Kawah Putih ini. Namun setelah sekian lama menanti, kesempatan itupun tak kunjung datang. Suatu ketika datanglah seorang keponakan yang sedang menjalani studi di Kota Bandung. Saat itu dia pulang ke rumah orang tuanya di Depok, karena sedang libur lebaran. Biasanya dia selalu diantar dan dijembut ayahnya ketika ingin pulang dan pergi ke Bandung. Namun karena saat itu ayah dan ibunya harus memenuhi panggilan Allah untuk berhaji, maka kedua orang tuanya saat itu tidak bisa mengantarkan dia untuk pergi ketempat kuliah. Dimintalah aku untuk mengantarka dia pulang ke tempat kosnya di Jatinangor, Bandung Utara.

Setibanya di Bandung, terlintas ide untuk menjelajah kota Bandung. Dalam hati berkata “masa iya sudah di Bandung hanya main di kosan aja? Sepertinya kurang seru nih” saat itu pula langsung mengungkapkan isi pikiran itu ke keponakan.

Saya: Dik, bagaimana kalau besok pagi kita jalan-jalan?
Keponakan : Kemana om?
Saya : Bagaimana kalau kita jalan ke Kawah Putih di Ciwidey?
Keponakan : Boleh om.
Saya : Ok, kalau gitu besok kita berangkat pagian dari kosan.
Keponakan : Siap om!

Perjalanan Menuju Kawah Putih

Keesokan harinya setelah sarapan, kami meluncur ke Kota Bandung dengan menumpang Bus Damri dari Halte Unpad Jatinangor. Bus meluncur dengan cepat dari Jatinangor menuju Elang. Untuk menuju Ciwidey, kami turun di Terminal Leuwi Panjang, untuk melanjutkan perjalanan dengan menumpang bus 3/4 (Elf) menuju Ciwidey. Sesampainya di Terminal Ciwidey, kami melanjutkan perjalanan dengan menumpang angkot berwarna kuning menuju gerbang utama Kawah Putih.

 

pesona kawah putih ciwidey

Tiga jam sudah kami tempuh perjalanan dari Jatinangor menuju Kawah Putih. Perjalanan yang cukup melelahkan, namun rasa lelah yang kami rasakan terbayar setelah memasuki kawasan Wisata Kawah Putih.

Harga Tiket dan Parkir Kawah Putih

Sekedar info untuk masuk kedalam dan menuju kawah, pengunjung yang tidak menggunakan kendaraan pribadi disediakan kendaraan wisata oleh pihak pengelola. Cukup dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000,- untuk wisatawan local, Rp 50.000,- untuk wisatawan mancanegara, dan tiket kendaraan wisata (Ontang-Anting) sebesar Rp 15.000,- (PP), pengunjung sudah bisa menikmati indahnya puncak gunung patuha dengan kawah putihnya nan memesona.

ontang anting angkutan wisata kawah putih ciwidey

Bagi pengunjung yang menggunakan kendaran pribadi, pengelola mengijinkan pengunjung untuk membawa kendaraannya masuk ke kawasan utama kawah putih, dan pengelola telah menyediakan parkiran khusus untuk pengunjung lengkap dengan fasilitas pendukung seperti toilet dan mushola. Untuk parkir di parkiran atas pengunjung dikenakan biaya khusus yang tentunanya berbeda dengan tarif parkir dibawah yaitu sebesar Rp 150.000,- untuk kendaraan roda 4 dan Rp 35.000,- untuk kendaraan roda dua.

Keindahan Alam Kawah Putih

Memasuki kawasan utama, kami dikagumkan dengan indahnya hamparan hutan hijau yang didominasi oleh tanaman pohon cantigi. Hawa dingin mulai terasa saat memasuki gerbang kawah. Memasuki area kawah tak lupa kami kenakan masker untuk mengurangi aroma belerang yang cukup menusuk hidung. Untuk menuju kawah, kami harus menuruni anak tangga yang cukup panjang, dari sini kami sudah dapat menikmati indahnya kawah putih yang tempak jelas dari kejauhan.

tangga kawah putih ciwidey

Turun ke area kawah, kami langsung dikagumkan dengan indahnya kawah yang di dominasi dengan warna putih disekelilingnya, dipadu dengan warna air kawah yang juga putih kehijauan. Sesekali tampak kepulan asap yang menandakan kawah tersebut masih aktif. Tak jarang pula kabut tipis dan tebal turun dari atas bukit menyelimuti kawah sehingga menambah keindahan suasana kawah yang tidak dapat kita temukan di tempat lain. Hamparan bukit hijau dengan sebagian sudut sedikit gersang berdiri tegak disekelilingnya. Kesan pertama saat memasuki area ini W.O.W subhanallah lukisan alam yang begitu indah Allah ciptakan khusus untuk umatnya. Rasa syukur atas kebesaranNYA.

spot foto kawah putih ciwidey

Pesona Kawah Putih tak hanya indah untuk dinikmati, namun juga indah untuk dijadikan background foto, video dan juga sebagai objek lukis. Untuk itulah setiap wisatawan yang berkunjung ke kawah ini, tidak mau menyianyiakan momen untuk berfoto, demikian juga dengan kami. Tak mau menyianyiakan kesempatan, kami memotret setiap sudut terindah yang disajikan kawah ini.

Rasanya ingin berlama-lamaan berada di kawah ini, namun waktu terus berputar dan hari semakin sore, untuk itulah kami harus segera bergegas pulang supaya tidak kemalaman dijalan. Suatu saat nanti kami ingin kembali untuk menikmati pesona keindahan kawah ini.

Alamat Kawah Putih:

Kawasan Ciwidey, Sugihmukti, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat

Peta Lokasi:


Peta Lokasi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *