Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara Cianjur Jawa Barat

Tak perlu jauh – jauh hingga ke luar negeri untuk dapat menikmati indahnya taburan bunga beraneka warna yang tersusun sempurna. Di Cianjur Jawa Barat telah hadir sebuah taman bunga yang tidak kalah cantik dengan taman bunga di Eropa, taman bunga yang cukup luas dengan tanaman bunga nan cantik rupawan bernama Taman Bunga Nusantara (TBN).

Ialah Ibu Suhardani Bustanil Arifin, sosok dibalik lahirnya Taman Bunga Nusantara. Berlatar ingin menggelorakan kembali kecintaan masyarakat terhadap kekayaan flora khususnya bunga dan tanaman hias lainnya. Taman Bunga Nusantara didirikan dengan tujuan untuk memberikan misi kreatif dan edukatif bagi para pengunjung.

Berdiri diatas lahan seluas 35Ha, Taman Bunga Nusantara berharap akan menjadi tempat yang bermanfaat bagi para pecinta tanaman hias, fotografer, sinematografer, kalangan dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan serta masyarakat pada umumnya. Memiliki sekitar Sembilan bagian taman dengan konsep yang berbeda-beda, Taman Bunga Nusantara dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern yang dapat digunakan oleh setiap pengunjung. Kesembilan bagian taman tersebut adalah Taman Air, Taman Mawar, Taman Perancis, Taman Rahasia (Taman Labirin), Taman Bali, Taman Mediterania, Taman Palem, Taman Jepang, dan Rumah Kaca.

Fasilitas Taman Bunga Nusantara

Selain menghadirkan taman bunga dengan fasilitas yang lengkap, Taman Bunga Nusantara juga didukung dengan menghadirkan berbagai fasilitas penunjang lainnya seperti :

  • Dotto Train
    Fasilitas eksklusif berupa rangkaian kereta wisata yang diperuntukan bagi pengunjung dengan usia minimal diatas empat tahun. Dotto Train dihadirkan untuk pengunjung yang ingin berkeliling ke seluruh penjuru Taman Nusantara tanpa harus capek berjalan kaki.
  • Garden Tram
    Fasilitas berupa kendaraan wisata yang diperuntukan bagi pengunjung yang ingin berkeliling Taman Bunga Nusantara dengan sensasi yang berbeda dan berkesan.
  • Mobil Wira – Wiri
    Fasilitas kendaraan wisata terbuka, berkapasitas 14 pengunjung untuk mengelilingi seluruh penjuru taman. Mobil Wira Wiri dilengkapi dengan pemandu wisata berupa rekaman kaset yang siap memberikan informasi singkat seputar Taman Bunga Nusantara.
  • Menara Pandang
    Menara setinggi 29 meter yang terdiri dari tiga lantai, berfungsi untuk memfasilitasi pengunjung yang ingin menikmati indahnya Taman Bunga Nusantara secara menyeluruh.
  • Poliklinik
    Fasilitas kesehatan berupa ruang P3K yang difungsikan untuk memberikan pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan maupun pertolongan untuk pengunjung yang mendadak sakit.
  • Nany’s Galleria
    Merupakan sebuah gallery yang dihadirkan untuk memfasilitasi pengunjung yang hendak membeli cinderamata khas Taman Bunga Nusantara sebagai oleh-oleh maupun kenang-kenangan.
  • Cafe Marigold
    Sebuah restorasi yang menyajikan aneka masakan khas Indonesia untuk memfasilitasi pengunjung yang hendak bersantap menikmati nikmatnya olahan khas nusantara sambil beristirahat sejenak setelah lelah berkeliling Taman Bunga Nusantara.
  • Albustan Cafe & Resto
    Sebuah restorasi dengan fungsi yang sama seperti Cafe Marigold, yaitu untuk memfasilitasi setiap pengunjung yang hendak menikmati olahan khas Timur Tengah sambil beristirahat sejenak setelah berkeliling Taman Bunga Nusantara.
  • Bursa Bunga dan Tanaman
    Fasilitas bagi pengunjung yang ingin mengoleksi aneka tanaman baik berupa bunga maupun tanaman berdaun indah lainnya.
  • Gedung Serbaguna Saung Aki
    Fasilitas yang dihadirkan untuk kegiatan meeting, resepsi pernikahan, maupun acara penting lainnya.
  • Wisma Saung Nini
    Fasilitas berupa penginapan yang diperuntukan bagi pengunjung yang ingin menginap supaya bisa lebih lama lagi menikmati keindahan dan kesegaran udara disekitar Taman Bunga Nusantara.

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

Rute Taman Bunga Nusantara

Untuk menuju Taman Bunga Nusantara dapat ditempuh melalui dua jalur:

  • Via Jalur Bogor
    Jika kamu berangkat dari Jakarta dan sekitarnya, kamu dapat menempuh perjalanan melalui Kota Bogor menuju Puncak Pass, setelah melewati Puncak Pass menuju Cianjur, kamu akan bertemu pertigaan dengan papan petunjuk yang mengarahkan dimana lokasi Taman Bunga Nusantara berada. Dari pertigaan tersebut kamu tinggal belok kiri dan ikuti papan petunjuk yang terpasang di sepanjang jalan tersebut.
  • Via Jalur Bandung
    Jika kamu berangkat dari Bandung dan sekitarnya, kamu dapat menempuh perjalanan melalui Kota Cianjur menuju Puncak Pass, sebelum sampai di Puncak Pass menuju Bogor, kamu akan bertemu pertigaan dengan papan petunjuk yang mengarahkan dimana lokasi Taman Bunga Nusantara berada. Dari pertigaan tersebut kamu tinggal belok kanan dan ikuti papan petunjuk yang terpasang di sepanjang jalan tersebut.

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

Harga Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara

Untuk dapat memasuki Taman Bunga Nusantara kamu yang telah berusia diatas empat tahun diwajibkan untuk membayar retribusi berupa tiket masuk sebesar Rp 40.000,- tiket masuk tersebut belum termasuk fasilitas berupa kendaraan keliling didalam taman seperti Dotto Train dengan tarif sebesar Rp 50.000,- Garden Tram dengan tarif sebesar Rp 50.000,- serta Mobil Wira Wiri dengan tarif sebesar Rp 5.000,-

Selain kendaraan keliling, kamu juga akan dikenakan biaya tambahan jika kamu ingin berkunjung ke Rumah Kaca dengan tarif Rp 5.000,- Sedangkan untuk kamu yang berkunjung dengan kendaraan pribadi, kamu akan dikenakan biasa parkir sebesar Rp 10.000,- untuk motor, Rp 15.000,- untuk mobil, Rp 20.000,- untuk minibus, dan Rp 25.000,- untuk bus besar.

Taman Bunga Nusantara

Jam Buka Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara Cianjur buka pukul 08.00 – 17.00 WIB pada hari Senin – Jumat dan pukul 08.00 – 17.30 WIB setiap akhir pekan dan hari libur nasional.

Alamat Taman Bunga Nusantara

Jl. Mariwati KM.7
Kawungluwuk, Sukaresmi, Kabupaten Cianjur
Jawa Barat 43254


Peta Lokasi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *