panduan backpacker ke Dieng Jawa Tengah

Panduan Backpacker Ke Dieng Jawa Tengah

Jalan – jalan memanglah menyenangkan, terlebih jalannya ketempat-tempat populer favorit para pelancong, baik lokal maupun mancanegara. Salah satu tempat wisata yang lsedang populer saat ini adalah dataran tinggi Dieng.

Tempat Wisata Populer Di Dieng

Dataran tinnggi Dieng menjadi salah satu destinasi wisata terfavorit saat ini, karena keindahan alamnya yang begitu unik, khas dan memesona. Terdapat komplek candi yang merupakan saksi bisu peradaban Hindu yang pernah ada di dataran tinggi Dieng, sekaligus sebagai peninggalan sejarah berharga yang dimiliki oleh masyarakat Dieng.

Kawah aktif dengan pemandangan alam sekitar yang siap memanjakan mata, didukung dengan histori terbentuknya kawah yang bernilai tinggi dan mengandung unsur legenda pewayangan Indonesia, sehingga sangat menarik untuk dikunjungi serta dipelajari.

Selain gugusan candi dan kawah yang tersebar dibeberapa titik, juga terdapat puluhan telaga dengan nilai sejarah dan histori yang berbeda. Telaga warna menjadi pilihan favorit wisatawan karena keindahan dan lokasinya yang mudah dijangkau. Terdapat goa – goa bersejarah dengan nilai kesakralannya yang masih dipercayai hingga saat ini. Bukit batu ratap angin pun sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Telaga Warna, karena dari spot ini pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya alam Telaga Warna yang dapat dilihat secara menyeluruh.

Buat kamu pecinta Hiking, jangan lewatkan kesempatan berharga untuk mengunjungi Bukit Sikunir juga Gunung Prau. Dimana dari kedua puncak bukit tersebut, kamu bisa menikmati indahnya Golden Sunrise terbaik. Ribuan bahkan jutaan wisatawan telah membuktikan kesempatan langka untuk dapat menikmati keindahan tersebut.Sebagian besar dari mereka menyatakan bahwa disinilah surga dunia yang sedungguhnya dan disinilah tempat terbaik untuk menikmati Sunrise juga Sunset.

Bagaimana kamu tertarik ingin mengunjungi dataran tinggi Dieng? Berbagai cara dapat kamu tempuh untuk mewujudkannya. Salah satunya adalah dengan cara backpacker!

Mengapa Harus Backpacker?

Berjuta pengalaman dan kenangan serta pelajaran hidup akan kamu temukan hanya dengan backpacker.Karena, dengan berbackpacker kamu akan berinteraksi langsung dengan masyarakat, alam juga lingkungan sekitar tempat dimana hendak kamu kunjungi. Selain hal tersebut, dengan backpacker kamu akan jauh lebih santai dan benar-benar menikmati perjalanan.

Berbeda jika kamu mengikuti paket perjalanan, pastinya kamu akan lebih terburu-buru karena dikejar tumpukan jadwal perjalanan, sehingga kurang menikmati perjalananjuga tidak ada kesempatan untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Suasana perjalanan akan menjadi membosankan karena diatur-atur oleh tour guide.

Jika kamu ingin mencoba ke Dieng dengan jalur backpacker, simaklah panduan berikut yang saya rangkum berdasarkan beberapa sumber dan pengalaman pribadi. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan acuan untuk mewujudkan rencana perjalanan impianmu.

PANDUAN BACKPACKER KE DIENG

  1. Susun Rencana PerjalananPastikan perjalananmu tersusun dengan rapi.Tujuannya, supaya jelas arah dan tujuan yang hendak dituju. Jangan sampai melakukan perjalanan yang belum tau kemana arah yang hendak dituju. Karena jika itu terjadi, pastinya kamu akan bingung dan kerepotan sendiri.

    Sebelum mengambil keputusan , sebaiknya cari tahu terlebihdahulu tentang lokasi yang hendak di tuju. Pencarian informasi bisa dilakukan baik dengan cara bertanya teman, maupun browsing – browsing internet. Jika sudah menemukan informasi terbaik, segera putuskan tujuan tempat wisata mana saja yang ingin kamu kunjungi, sehingga bisa segera melangkah ke tahap selanjutnya.

  2. Tentukan Waktu Yang TepatWaktu yang tepat untuk mengunjungi dataran tinggi Dieng adalah saat musim kemarau. Kenapa? Karena, Dieng adalah salah satu dataran tertinggi di Indonesia yang memiliki udara yang sangat dingin, terlebih jika saat musim hujan tiba. Selain udaranya yang dingin, Dieng juga memiliki ketebalan kabut yang cukup tinggi sehingga akan sulit untuk dapat menikmati keindahan alam sekitar karena pandangan mata terhalang oleh tebalnya kabut khas pegunungan. Tidak hanya saat musim hujan tiba, saat musim kemaraupun di jam-jam tertentu terutama pagi dan sore hari, kabut tebal kerap muncul melapisi permukaan bumi.

    Jika kamu terpaksa harus berkunjung di musim hujan, janganlah banyak berharap dapat menemukan indahnya Golden Sunrise dan Sunset khas Bukit Sikunir dan Gunung Prau. Untuk itulah sebaiknya atur waktumu untuk berkunjung ke Dieng di musim kemarau, yaitu antara bulan Juni – September.

  3. Tentukan BudgetSetelah menentukan tempat wisata mana saja dan kapan waktu yang tepat untuk berkunjung ke Dieng, langkah berikutnya adalah menentukan seberapa besar budget yang sanggup kamu keluarkan untuk mewujudkan perjalanan impianmu tersebut. Besar kecilnya budget akan berpengaruh terhadap kelangsungan hidupmu sepanjang melakukan perjalanan wisata ke Dieng.
  4. Tentukan Jalur TransportasiSetelah menentukan besarnya anggaran biaya perjalanan, pastinya kamu sudah punya gambaran jalur transportasi mana yang hendak kamu gunakan. Apakah kamu ingin ke Dieng dengan pesawat terbang, apakah kamu ingin ke Dieng dengan Kereta Api, atau ke Dieng dengan Bus Umum. Semua pilihan tersebut dapat kamu tentukan sesuai dengan budget yang kamu miliki. Mengenai rute dan panduan transportasi menuju Dieng, selengkapnya bisa kamu baca DISINI!

    Untuk memudahkan perjalanan saat kamu berada di Dieng, sebaiknya kamu menyewa kendaraan disana, baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat. Terdapat banyak jasa penyewa kendaraan yang berlokasi di dekat tempat – tempat wisata di Dieng. Kamu dapat memilihnya sesuai dengan jumlah rombongan dan kebutuhan masing – masing.

  5. Tentukan PenginapanTerdapat ratusan penginapan disekitar lokasi wisata dataran tinggi Dieng, kamu dapat memilihnya sesuai kebutuhan dan besarnya badget yang kamu miliki. Jika kamu ke Dieng di hari libur biasa (Bukan tahun baru, lebaran atau sedang berlangsungnya acara DCF) sebaiknya memesan penginapan secara on the spot, selain dapat memilih sesuai selera dan kebutuhan, jika beruntung kamu akan mendapatkan harga termurah sehingga lebih hemat.

    Jika budget kamu terbatas, tidak ada salahnya untuk menyewa tenda dan mendirikan camp di sekitar lokasi wisata. Di dataran tinggi Dieng banyak toko adventure yang juga menyediakan penyewaan perlengkapan kemah. Terutama di sekitar lokasi basecamp pendakian gunung Prau.

  6. Siapkan Perlengkapan Yang Hendak DibawaKira-kira perlengkapan apa saja yang wajib kamu bawa saat berwisata ke dataran tinggi Dieng? Berhubung dataran tinggi dieng memiliki udara yang sangat dingin, pastinya Jaket tebal dan perlengkapan penghangat lainnya wajib kamu bawa. Jika tujuan utama kamu ingin mendaki Gunung Prau jangan lupa pula membawa headlamp atau senter dengan baterai yang cukup, perlengkapan memasak, sleeping bag, dan keperluan kemping lainnya.
  7. Siapkan Perbekalan Yang CukupUntuk menghindari pemborosan dan kelaparan dilokasi yang tidak menjangkau tempat makan, sebaiknya kamu membawa sendiri perbekalan yang cukup dari rumah. Dan jika terpaksa harus membelinya disana, jangan lah sungkan untuk menanyakan harga terlebih dahulu sebelum kamu membelinya. Hal tersebut perlu dilakukan tentunya hanya untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan terjadi.

    Kamu pastinya sudah banyak tau tentang pengalaman pahit wisatawan yang mengunjungi suatu daerah harus terjebak oleh azaz manfaat oknum tertentu yang tidak bertanggung jawab. Untuk itulah kita perlu mewaspadainya sebelum terlambat.

 

KESIMPULAN

Demikianlah beberapa Panduan Backpacker Ke Dieng Jawa Tengah yang dapat saya bagikan khusus untuk kamu pembaca setia backpackertraveler.com. Jadi intinya sebelum kamu melakukan perjalanan, sebaiknya kamu persiapkan dulu secara rinci mengenai tujuan wisata, ketepatan waktu, anggaran biaya dan perlengkapan serta perbekalan yang cukup. Jika semua aspek tersebut telah terpenuhi, insya Allah perjalanan kamu akan menjadi sebuah perjalanan yang menyenangkan dan layak untuk selalu dikenang. Happy Traveling..!


Peta Lokasi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *