Menyinggahi Kampung Budaya Betawi Setu Babakan

Betawi memiliki ragam budaya yang begitu kental dan unik. Beberapa diantaranya jenis bangunan yang begitu khas, dialek yang begitu kental, seni tari, seni musik dan seni drama yang kita kenal dengan nama Lenong. Di sudut Selatan Ibu Kota Jakarta, terdapat sebuah perkampungan yang masih menjaga dan melestarikan kebudayaan Betawi hingga saat ini. Ialah Setu Babakan yang terletak di wilayah Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Masjid Setu Babakan

Sebenarnya, lokasi wisata Kampung Budaya Betawi ini saya lalui setiap harinya saat berangkat dan pulang setelah bekerja. Namun saya belum pernah singgah di kampung budaya Betawi ini. Hari Kamis kemarin adalah pertama kalinya saya singgah di kawasan cagar budaya Betawi ini. Karena kantor libur dan tidak ada kegiatan, terlintas pikiran untuk pergi keluar rumah mencari udara segar. Terpilihlah kawasan cagar budaya betawi Setu Babakan ini, selain karena penasaran ingin tau ada apa saja di dalamnya, juga karena lokasinya yang memang tidak jauh dari lokasi dimana saya tinggal.

Exif_JPEG_420

Ada apa saja di Setu Babakan?

Kawasan Cagar Budaya Betawi Setu Babakan memiliki lahan yang cukup luas dan asri, di dalam kawasan terdapat sebuah Setu atau Danau yang cukup luas bernama Setu Babakan. Di sekeliling Setu terdapat berbagai hal yang dapat kita nikmati ketika kita berada disana, diantaranya:

Kawasan Kuliner khas Betawi

Di sisi tepian jalan yang mengelilingi Setu, terdapat ratusan tempat makan yang menyajikan berbagai menu masakan khas Betawi yang dapat kamu pilih untuk disantap sambil menikmati suasana damai di tepian Setu Babakan. Selain tersaji kuliner khas Betawi juga terdapat beberapa jajanan tempo dulu yang dapat kamu pilih untuk mengenang masa kecil seperti Gulali, Harum Manis, dan jajanan jadul lainnya. Selain itu juga tersedia aneka macam oleh – oleh khas Betawi yang dapat kamu jadikan sebagai buah tangan untuk keluarga dan kerabat.

OlehOleh-betawi

Bangunan khas Betawi

Menempati wilayah terdepan dari gerbang utama, kawasan ini di jadikan sebagai pusat pelestarian dan pengembangan budaya Betawi oleh Pemerintah DKI Jakarta. Di kawasan ini terdapat berbagai bangunan khas Betawi seperti rumah adat gudang, kebaya, joglo, bapang, pesisir dan pulau seribu yang juga dilengkapi dengan museum sejarah dan purbakala, gedung teater dan gedung modern bernuansa Betawi.

rumah-betawi

Aktivitas dan Hiburan

Berbagai aktivitas dan permainan bisa kamu nikmati disini, seperti memancing, bersepeda keliling Setu, naik delman keliling setu, berkuda dan juga menaiki sepeda air keliling Setu Babakan. Semua itu dapat kamu nikmati dengan harga yang murah meriah dan dijamin tidak menguras isi kantong kamu.

Selain aktivitas tersebut, Setu Babakan juga kerap mengadakan Festival Budaya Betawi yang patut kamu kunjungi untuk lebih mengenal tentang Budaya Betawi terutama kesenian dan kuliner khasnya yang layak kamu nikmati.

aktivitas-betawi

Kamu harus bangga menjadi anak betawi, karena kamu memiliki ragam budaya unik yang layak kamu jaga dan lestarikan sebagai warisan budaya bangsa dan tentunya sebagai warisan budaya untuk anak cucu kita nantinya. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan menjaganya, karena hanya kita yang bisa mewujudkan cita – cita bangsa untuk menjadi sebuah bangsa yang berbudaya dan bermartabat.

 

Alamat Setu Babakan:

  • Pintu 1 Jalan Mohamad Kahfi II, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan
  • Pintu 2 Jalan Srengseng Sawah Raya, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan

Harga Tiket Masuk:

  • Untuk Kendaraan Roda 2 Rp.2.000,-
  • Untuk Kendaraan Roda 4 Rp.5.000,-

Jam Buka:

07.00 – 18.00 Wib

Peta Lokasi:

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *