Lawang Sewu Semarang Jawa Tengah

Lawang Sewu Semarang, Wisata Sejarah Penuh Misteri Di Semarang

Jalan-jalan ke Semarang kurang lengkap jika belum singgah ke Lawang Sewu. Lawang Sewu Semarang adalah sebuah bangunan kuno yang dibangun dengan megahnya di masa Pemerintahan Hindia Belanda. Nama Lawang Sewu diambil dari Bahasa Jawa yang berarti Pintu Seribu. Selain saat ini menjadi salah satu lokasi terfavorit di Semarang, dibalik kemegahannya Lawang sewu memiliki histori dan berbagai kisah misteri didalamnya. Penasaran ingin tahu lebih dalam tentang Lawang Sewu? Yuk.. simak ulasan Backpacker Traveler berikut.

Lawang Sewu Semarang Jawa Tengah

Lawang Sewu Semarang Jawa Tengah

Sejarah Lawang Sewu

Berdiri sejak tahun 1904, semula gedung Lawang Sewu difungsikan sebagai kantor pusat perusahaan kereta api (trem) milik Pemerintah Belanda atau Nederlandsch Indishe Spoorweg Naatschappij (NIS). Memiliki tiga lantai bergaya arsitektur Art Deco yang merupakan buah karya dari Prof Jacob F Klinkhamer dan BJ Queendag yang merupakan arsitek Belanda ternama pada saat itu.

Gedung Lawang Sewu terletak di sudut Jalan Pandanaran dan Jalan Pemuda, atau di sebelah timur Tugu Muda Semarang. Pada bangunan utama, gedung ini memiliki tiga lantai dengan dua sayap yang membentang ke sisi kanan dan sisi kiri. Seluruh struktur bangunannya mengadopsi dari gaya arsitektur bangunan khas Belanda. Memiliki desain yang unik dan eksotis menjadikan Lawang Sewu sebagai tempat yang sangat indah untuk ber swa foto.

Penduduk Semarang memberi nama “Lawang Sewu” pada gedung tersebut, karena jumlah pintu pintu pada gedung tersebut sangat banyak, sehingga nama tersebut terus melekat hingga saat ini. Apakah jumlah pintu yang ada di gedung tersebut benar berjumlah seribu? Hal inilah yang menjadi misteri dan banyak dipertanyakan.

Lorong Lawang Sewu Semarang Jawa Tengah

Pemugaran Gedung Lawang Sewu

Lawang Sewu sempat mengalami pemugaran karena lama terbengkalai dan tidak terurus. Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya proses pemugaran tersebut dapat dirampungkan pada akhir Juni 2011. Dan pada tanggal 5 Juli 2011 Lawang Sewu dibuka kembali untuk umum, diawali dengan diresmikan oleh Ibu Ani Bambang Yudhoyono sebagai Ibunegara saat itu. Setelah resmi dibuka kembali, dilanjutkan dengan diadakannya event Pameran Kriya Unggulan Nusantara yang menampilkan produk produk tradisional dari seluruh Nusantara.

Misteri Lawang Sewu

Apakah benar pintu Lawang Sewu Berjumlah Seribu?

Usut punya usut, ternyata tidak benar jika jumlah pintu pada Gedung Lawang Sewu berjumlah Seribu. Menurut seorang guide lawang sewu, jumlah lubang pintu pada gedung tersebut terhitung hanya sebanyak 429 buah, dengan jumlah daun pintu lebih dari 1.200. sebagian pintu pada bangunan tersebut memiliki 2 daun pintu, dan sebagian lagi memiliki 4 daun pintu, yang terdiri dari 2 daun pintu jenis ayun ( jenis pintu dengan menggunakan engsel), ditambah 2 daun pintu lagi jenis sliding door(pintu geser).

Tangga Lawang Sewu Semarang Jawa Tengah

Lawang Sewu menyimpan sejarah kelam

Siapa sangka gedung yang begitu megah menyimpan cerita sejarah yang begitu kelam. Gedung tersebut menjadi saksi bisu penyiksaan terhadap para pejuang dan pahlawan Indonesia yang saat itu berjuang dengan segenap jiwa dan raga untuk merebut kembali Indonesia dari tangan penjajah Jepang yang berkuasa pada saat itu. Hal tersebutlah yang menyebabkan timbulnya berbagai cerita mistis dan kesan angker pada gedung tersebut.

Menurut cerita warga sekitar, sering muncul sosok penampakan makhluk tak kasat mata seperti kuntilanak, genderuwo, hantu berwujud para tentara Belanda, serdadu Jepang, hingga penampakan sosok wanita noni Belanda. Penampakan sosok tersebut kerap terjadi dibeberapa titik seperti sumur tua, pintu utama, lorong-lorong, lokasi penjara berdiri, penjara jongkok, penjara bawah tanah, ruang utama, serta di bagian ruang penyiksaan.

Lorong Lawang Sewu Semarang Jawa Tengah

Meskipun meninggalkan sejarah yang begitu kelam serta cerita-cerita seram lainnya yang timbul dari beberapa sumber, namun Lawang Sewu tetap menawan dan menarik untuk dikunjungi. Berkunjung ke lokasi wisata sejarah seperti Lawang Sewu ini, sebaiknya lupakan cerita-cerita yang tidak menyenangkan. Tetap waspada dan berdo’a, nikmatilah keindahan dan keunikan yang dimiliki wisata tersebut. Selamat beraktivitas dan Happy Traveling!

Harga Tiket Lawang Sewu

Untuk dapat menikmati wisata sejarah Lawang Sewu kamu diwajibkan membayar biaya tiket sebesar Rp.10.000,-/orang untuk Dewasa, dan Rp.5.000,-/orang untuk anak-anak.

Alamat Lawang Sewu

Jalan Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50132

Jam Buka Lawang Sewu

Lawang Sewu buka setiap hari dari jam 07.00 WIB hingga jam 21.00 WIB


Peta Lokasi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *