punjak gunung prau

6 Jalur Resmi Pendakian Gunung Prau Dieng Jawa Tengah

Sebagai gunung favorit dikalangan para pendaki pemula, terdapat 6 jalur pendakian resmi Gunung Prau yang bisa digunakan untuk umum. Masing-masing jalur pendakian memiliki medan traking yang berbeda dengan jarak tempuh yang juga berbeda.

Gunung Prau merupakan gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2.565 mdpl. Dimana salah satu puncaknya (Menara Tower) merupakan titik temu antara 3 kabupaten, yaitu Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang dan Kabupaten Wonosobo. Karena ketinggian dan trakingnya yang masih tergolong sedang, menjadikan gunung ini sebagai gunung yang ramah bagi pendaki pemula.

KEINDAHAN GUNUNG PRAU DIENG

 

Golden Sunrise Gunung Prau

Seperti yang kita ketahui melalui berbagai media, baik cetak maupun online seperti koran, sosial media, blog, maupun televisi, bahwa Gunung Prau adalah salah satu gunung di Jawa Tengah dengan panorama alam yang sangat indah. Karena keindahan alam tersebut menjadikan gunung ini sebagai salah satu gunung yang banyak diminati oleh wisatawan.

Salah satu keindahan alam yang menonjol adalah Golden Sunrisenya serta lanscape dengan latar belakang gunung yang lokasinya berdekatan. Salah satu pemandangan lanscape gunung yang terdekat adalah Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Selain Golden Sunrise dan lanscape gunung, hal menarik menarik lainnya yang dimiliki oleh gunung ini adalah gumpalan awannya yang begitu indah tersaji mengelilingi puncak gunung. Beberapa tumbuhan khas pegunungan seperti hamparan bunga Daisy, Verbana, Cantigi dan Edelwais juga tak luput dari pandangan mata.

Bukit Teletabies berada disalah satu sisi puncak gunung memberi nilai tambah dan menjadikan keindahan puncak gunung semakin istimewa. Maka dari itulah menjadikan Gunung Prau sebagai gunung primadona yang paling diminati oleh para traveler khususnya kalangan pecinta alam.

Seiring berjalannya waktu dan semakin melonjaknya jumlah pengunjung, akses menuju puncak Gunung Prau pun semakin dipermudah. Yang tadinya hanya ada 2 jalur pendakian, saat ini telah bertambah menjadi 8 jalur. Namun hanya ada 6 jalur saja yang dibuka untuk umum, sedangkan yang 2 jalur lainnya digunakan khusus untuk jalur evakuasi.

Penasaran jalur mana saja yang bisa digunakan untuk pendakian Gunung Prau? Simak ulasannya berikut ini.

Inilah 6 Jalur Pendakian Gunung Prau

  1. Pendakian Gunung Prau Via Dieng Kulon

    Jalur pendakian ini berada di Desa Dieng Kulon, Kec. Batur Kab. Banjarnegara. Oleh para pendaki dan masyarakat sekitar jalur ini dikenal dengan jalur Darawati. Penyebutan tersebut terjadi karena lokasi basecampnya yang berada di wilayah Candi Darawati, untuk itulah orang lebih mengenalnya dengan sebutan jalur Darawati.

    Jalur Darawati merupakan jalur pendakian yang menjadi jalur favorit para pendaki pemula. Kenapa jalur ini menjadi favorit dikalangan pendaki pemula? Karena medan jalur ini lebih landai dibandingkan dengan jalur lainnya. Namun secara perhitungan jarak dan waktu, jalur ini memiliki jarak dan waktu tempuh yang lebih lama, yaitu antara 4 – 6 Jam.

  2. Pendakian Gunung Prau Via Dieng Wetan

    Jalur pendakian Gunung Prau via Dieng Wetan ini juga menjadi jalur favorit para pendaki baik pemula maupun non pemula. Jalur ini menjadi favorit bukan karena medannya yang landai, melainkan lokasinya yang berdekatan dengan lokasi wisata utama dataran tinggi Dieng. Dimana lokasi basecampnya berada di Desa Dieng Wetan, Kec. Kejajar. Kab. Wonosobo. Lokasi yang sangat dekat dengan kawasan wisata Telaga Warna, Kawah Sikidang dan Komplek Candi Arjuna. Jarak tempuh yang harus dilewati melalui jalur inipun cukup singkat yaitu antara 3 – 4 jam saja.

  3. Pendakian Gunung Prau Via Kali Lembu

    Tidak jauh berbeda dari jalur Dieng Wetan, pendakian Gunung Prau via Kali Lembu pun cukup landai dan singkat. Letak Basecamp jalur ini berada diantara jalur pendakian via Dieng Wetan dan via Patak Banteng. Tepatnya di Desa Kali Lembu, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo. Jarak yang harus di tempuhpun relatif sama, yaitu antara 3 – 4 Jam bahkan bisa lebih cepat.

  4. Pendakian Gunung Prau Via Patak Banteng

    Berbeda dengan jalur lainnya, jalur pendakian Gunung Prau Via Patak Banteng menjadi satu-satunya jalur yang paling terkenal dikalangan pendaki. Hal tersebut terjadi selain karena jalur ini adalah jalur yang pertama kali dibuka untuk pendakian Gunung Prau, juga karena jarak tempuh yang dilalui via jalur ini relatif sangat singkat, yaitu hanya 2-3 jam saja. Namun sayangnya medan yang harus dilalui sangat curam dan terjal sehingga jalur ini kurang cocok untuk pendaki pemula.

  5. Pendakian Gunung Prau via Campurejo

    Jalur pendakian Gunung Prau via Campurejo masih tergolong jalur pendakian yang baru dibuka untuk umum, sehingga pendakian via jalur ini masih tampak sepi dan jarang terdengar namanya. Basecamp jalur Cempurejo berada di Desa Campurejo, Kec. Tretep Kab. Temanggung, dan pertama kali dibuka oleh kelompok pecinta alam Swambin Jungle Trekking Club.

    Sama halnya dengan jalur Dieng Kulon, pendakian via jalur ini akan disuguhi panorama alam yang lebih indah dari jalur lainnya. Jarak tempuh yang harus dilalui via jalur inipun tidak jauh berbeda dengan jalur Dieng Kulon, yaitu antara 4 – 6 Jam.

  6. Pendakian Gunung Prau via Wates

    Jalur pendakian Gunung Prau via Wates memiliki jarak tempuh sekitar 4,7 KM. Untuk pendakian normal rata-rata memakan waktu antara 3 – 4 Jam dengan medan kombinasi antara sedang, landai dan sedikit terjal. Basecamp jalur pendakian ini terletak di Desa Wates, Kec. Wonoboyo, Kab. Temanggung, lokasinya tidak terlalu jauh dari pasar Kejajar, Wonosobo. Karena namanya yang belum begitu terkenal di kalangan pendaki, menjadikan pendakian Gunung Prau via jalur ini pun masih tampak sepi.

 

KESIMPULAN

Untuk dapat mencapai puncak Gunung Prau tidaklah sulit, banyak jalur pendakian yang dapat kamu pilih dan sesuaikan dengan kemampuan fisik dan keinginan masing-masing. Untuk kamu yang lebih suka kondisi jalur yang santai namun sedikit lebih jauh, kamu dapat memilih jalur via Dieng Kulon maupun via Cempurejo.

Untuk kamu yang menyukai jalur pendakian yang sedang-sedang saja, kamu dapat memilih jalur pendakian via Dieng Wetan, Kali Lembu, maupun via Wates. Namun buat kamu yang lebih menyukai tantangan dengan medan yang lebih berat namun dapat ditempuh dengan waktu yang lebih singkat, jalur Patak Bantenglah yang lebih cocok kamu pilih.

Sebenarnya mendaki gunung prau via jalur mana saja bukan menjadi suatu permasalahan yang utama. Yang terpenting adalah patuhi segala peraturan yang ada, jaga kekompakan dan kerjasama antar team, musnahkan ke egoisan dan utamakan kebersamaan.

Puncak gunung adalah tempat untuk memanjakan mata dan merefresh kembali pikiran dan tubuh kita dari segara kepenatan. Jangan mencorat – coret dan merusak apapun yang ada di gunung dan jangan pernah meninggalkan serta membuang sampah sembarangan karena puncak gunung bukanlah tempat sampah. Selamat berlibur dan happy traveling!


Peta Lokasi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *