kebakaran gunung lawu

Jalur Pendakian Gunung Lawu Resmi Dibuka Kembali

Pasca terjadinya kebakaran yang terjadi selama dua hari yaitu pada tanggal 19 – 20 Juni 2018 di salah satu puncak Gunung Lawu. Akhirnya pada tanggal 21 Juni 2018 kemarin semua jalur pendakian resmi dibuka kembali.

Menurut berita yang beredar pada tanggal 19 Juni 2018 lalu telah terjadi kebakaran di salah satu jalur pendakian tepatnya di puncak Argo Tiling. Puncak Arga Tiling merupakan salah satu puncak di lereng Gunung Lawu yang berada di jalur pendakian Candi Cetho, Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Meskipun jarak antara lokasi terjadinya kebakaran dengan jalur pendakian cukup jauh, namun pihak pengelola memutuskan untuk menutup jalur pendakian, demi keselamatan dan kenyamanan para pendaki sekaligus untuk menghindari hal – hal yang tidak di inginkan.

Terdapat empat titik api pada kebakaran tersebut, dan hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebabnya. Tim SAR dan para relawan baru dapat memadamkan kobaran api pada tanggal 20 Juni 2018 Sore.

Saat ini semua jalur pendakian baik melalui Candi Cetho, Cemoro Kandang, Cemoro Sewu mapun Jogorogo telah resmi dibuka kembali. Para pendaki sudah diijinkan untuk melakukan pendakian kembali seperti biasanya.

Img.by: Sidomi


Peta Lokasi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *