Tips Mendaki Gunung

8 Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula

Halo.. Batrakers.. selamat menyambut hari yang cerah ceria penuh makna…

Batrakers, adakah diantara kalian yang punya rencana akan mendaki gunung dalam waktu dekat ini? Apakah kamu seorang pemula yang baru pertama kali akan mendaki? Wah… senangnya… akhirnya ada kesempatan untuk mengunjungi gunung impian ya guys….

Oh.. ya, sebagai pemula tentunya kamu belum banyak tau kan apa saja yang harus diperhatikan supaya rencana pendakianmu bisa berjalan dengan sukses dan lancar? Untuk membantu kesuksesan perjalananmu saya punya beberapa tips nih guys… yuk simak 8 tips mendaki gunung untuk pemula berikut, sapa tau bisa membantu suksesnya pendakianmu nanti.

 

  1. Kuatkan Niat Dan Tekad Dalam Hati

    Hal yang satu ini memang tampak sepele, namun tahukah kamu tanpa adanya niat dan tekad yang kuat pendakianmu tidak akan dapat berjalan dengan lancar. Tanamkan niat yang baik pada diri kamu, karena niat yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik pula. Setelah itu kuatkan tekadmu dan yakinlah bahwa kamu akan sanggup dan mampu menghadapi apapun yang akan terjadi serta selalu menjaga diri baik saat melakukan perjalanan menuju puncak maupun saat pulang kembali ke rumah.Anggaplah pendakianmu sebagai proses belajar kepada alam, karena secara tidak langsung alam akan mengajarkan kepada diri kita tentang batas kemampuan diri, keteguhan mental, kesabaran, pengenalan terhadap diri sendiri dan pelajaran-pelajaran lainnya.

    Dengan niat yang baik pula, kita akan terjaga dari perilaku negatif saat berada di gunung. Rasa cinta terhadap alam akan tumbuh dengan sendirinya. Perilaku negatif seperti merusak tanaman, mengganggu keberadaan binatang, mencorat coret pohon dan batu alam, berbicara kasar serta membuang sampah sembarangan pasti akan dapat kita hindari.

  2. Siapkan Fisik dan Mental

    Ketahuilah bahwa gunung manapun yang ingin kamu daki, tetap saja kegiatan pendakian adalah kekiatan ekstrim yang penuh dengan segala resiko. Untuk itu sebelum melakukan pendakian kamu perlu mempersiapkan fisik supaya lebih siap dan kuat.Dalam jarak waktu minimal sebulan sebelum melakukan pendakian berolah raga rutin sangat disarankan. Joging dipagi hari sebelum matahari terbit sangat dianjurkan, hal ini selain untuk mengolah otot dalam tubuh terutama bagian tangan dan kaki, juga untuk membantu tubuhmu menyesuaikan dengan suhu pegunungan yang relatif lebih dingin sehingga terhindar dari terjadinya Hipotermia. Selain joging, bersepeda naik turun bukit dan berenang juga disarankan supaya otot-otot dalam tubuh serta pernafasanmu lebih siap saat mendaki nanti.

  3. Minta Ijin dan Do’a Restu Orang Tua

    Restu orang tua terutama seorang ibu, adalah salah satu hal terpenting dalam menjalankan apapun aktivitas yang akan kamu jalani. Do’a seorang ibu akan langsung di dengar dan di kabulkan oleh Allah. Oleh karena itu jangan abaikan hal yang satu ini, sebelum mendaki pastikan kamu sudah mendapatkan restu dari kedua orang tuamu, supaya perjalananmu lancar dan dilindungi Allah selama perjalanan berangkat maupun pulang.

  4. Dengan Siapa Kamu Akan Mendaki

    Carilah teman mendaki yang berpengalaman, minimal pernah sekali mendaki gunung yang akan kamu daki. Jangan sampai kamu mendaki sendirian atau bareng teman yang sama-sama pemula belum pernah mendaki sama sekali. Hal ini diperlukan supaya salah satu diantara kamu sudah paham rute dan kondisi gunung tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak di harapkan.

  5. Pelajari Gunung Yang Akan Kamu Daki

    Sebelum mendaki alangkah baiknya kamu mempelajari terlebih dahulu tentang silsilah gunung yang hendak kamu daki, baik bertanya kepada teman yang pernah mendaki gunung tersebut, maupun Googling internet. Hal ini perlu dilakukan supaya kamu terhindar dari berbagai kesalahan. Ketahui terlebih dahulu hal-hal apa saja yang dilarang dan diperbolehkan saat berada di gunung tersebut, jalur mana saja yang dapat dilalui, seperti apa track yang akan dihadapi, waktu dan jarak tempuh gunung tersebut, sumber mata air, kondisi cuaca, suhu udara, dan masih banyak lagi hal-hal yang perlu kamu ketahui sebelum mendaki.

  6. Siapkan Perlengkapan Mendaki

    Persiapkan perlengkapan pendakianmu dengan cermat dan teliti. Sebelum berangkat pastikan perlengkapan untuk mendaki sudah lengkap dan masuk semua kedalam ransel karena perlengkapan pendakian termasuk salah satu bagian vital dalam kegiatan mendaki gunung. Periksa kembali sebelum berangkat apakah Baju Hangat, Jas Hujan, Sepatu Gunung, Lampu Senter (Headlamp), kaus kaki, sarung tangan, pelindung kepala, serta perlengkapan lainnya sudah benar-benar masuk ke ransel kamu.

  7. Siapkan Bekal Yang Praktis Dan Sehat

    Seperti yang telah kamu ketahui bahwa kegiatan mendaki gunung adalah kegiatan yang banyak menguras tenanga, untuk itu bekal yang cukup, sehat dan praktis sangat diperlukan. Bawalah air minum yang cukup buat selama perjalanan naik, saat berada di puncak dan saat perjalanan turun. Selain bekal air minum, kamu juga perlu membawa bekal makanan yang tidak hanya mengenyangkan tetapi juga menyehatkan dan praktis saat dimasak maupun dibawa supaya tidak merepotkan. Makanan dan minuman sehat sangat diperlukan untuk mengembalikan energimu yang terkuras dan menjaga suhu tubuhmu supaya tetap terjaga.

  8. Berdo’a sebelum Berangkat

    Ketika kita hendak melakukan perjalanan saat itu juga berbagai resiko telah menyambut didepan kita, untuk itu berdo’alah memohon perlindungan dan keselamatan kepada Allah sang Maha Pencipta. Kita tidak akan pernah tau hal-hal apa saja yang akan terjadi sepanjang perjalanan nanti, janganlah sombong tetap waspada dan jangan lupakan kekuatan do’a.

Itulah delapan tips mendaki gunung untuk pemula yang dapat saya bagikan. Selamat mendaki dan berdo’alah supaya rencana kamu dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Salam Backpacker Traveler.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *