Camping Ground Gunung Prau Dieng

8 Gunung Di Indonesia Tutup Awal 2018

Beberapa tahun belakangan gunung menjadi salah satu lokasi wisata terfavorit di Indonesia, semakin banyak masyarakat yang mendadak menjadi Pendaki Gunung. Saking banyaknya Pendaki Gunung dadakan, tak jarang gunung di Indonesia yang tadinya sepi pengunjung mendadak ramai layaknya sebuah pasar. Namun kondisi seperti itu bisa memicu terjadinya kerusakan ekosistem gunung. Pasalnya tidak semua pendaki dadakan tersebut ,memiliki rasa cinta dan merasa memiliki terhadap gunung yang mereka kunjungi. Sampah-sampah berserakan, corat-coret di batu dan pohon, mencabut atau merusak tumbuhan langka serta menangkap atau membunuh binatang yang dilindungi adalah salah satu bukti nyata bahwa mereka tidak mampu memelihara dan menjaga alam yang ada disekitarnya. Untuk itulah perlu diadakan pemulihan kembali ekosistem yang ada.

Beberapa faktor tersebut diatas menjadi salah satu pertimbangan untuk menutup sementara jalur pendakian beberapa gunung di Indonesia. Disamping adanya faktor cuaca ekstrim yang kerap mengakibatkan kerusakan ekosistem alam yang ada di gunung-gunung tersebut.

Kamu ada rencana mendaki gunung di awal tahun ini? Kira-kira gunung mana yang hendak kamu tuju? Sebelum terlanjur berangkat dan berujung kecewa, yuk.. simak 8 gunung di Indonesia yang tutup pada awal tahun 2018 berikut:

  1. Gunung Semeru

    Berlaku mulai tanggal 1 Januari 2018, hingga batas waktu yang belum dapat ditentukan jalur pendakian Gunung Semeru tutup total. Hal ini tertuang dalam surat pengumuman Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), nomor PG.4/T.B/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/12/2017.

    Keputusan tersebut diambil dalam rangka pemulihan kembali ekosistem yang ada disepanjang jalur pendakian. Selain itu pihak TNBTS juga ingin melakukan perbaikan, dan pemeliharaan terhadap sarana dan prasarana di jalur pendakian, demi kenyamanan pendaki.

  2. Gunung Prau

    Sejak sekitar 2 tahun yang lalu, Perum Perhutani, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Utara memang rutin menutup jalur pendakian Gunung Prau yang berada di Dataran Tinggi Dieng, Jawa tengah. Hal tersebut dilakukan untuk pemulihan kembali ekosistem serta perbaikan sarana dan prasarana yang ada disepanjang jalur pendakian.

    Pada awal tahun 2018, Perum Perhutani, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Utara melakukan penutupan jalur pendakian Gunung Prau pada tanggal 5 Januari 2018 hingga 4 April 2018. Hal tersebut tertuang dalam Surat edaran resmi yang di keluarkan Perum Perhutani, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Utara tanggal 11 Desember 2017.

    Jika kamu masih tetap ingin mendaki Gunung Prau tanpa mengindahkan peraturan tersebut, bersiaplah kamu akan dikenakan denda sebesar Rp250.000,- per orang.

  3. Gunung Rinjani

    Per tanggal 1 Januari hingga 31 Maret 2018 pihak Balai Taman Nasional Gunung Rinjani akan menutup jalur pendakian Gunung Rinjani, di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk pemulihan kembali ekosistem yang ada di Kawasan Taman Nasional. Selain itu juga karena adanya cuaca ekstrim yang kerap terjadi demi keselamatan jiwa wisatawan.

  4. Gunung Gede Pangrango

    Berdasarkan Surat Edaran No.se 1720/bbtnggp/kabidtek/tek. P2/12/2017 Tentang Penutupan Pendakian Gunung Gede Pangrango, pada tanggal 1 Januari sampai dengan tanggal 31 Maret 2018, jalur pendakian Gunung Gede Pangrango resmi ditutup. Hal tersebut dilakukan dalam rangka pemulihan kembali ekosistem Taman Nasional Gede Pangrango.

    Penutupan jalur pendakian Gunung Gede Pangrango juga pernah dilakukan pada tanggal 30 November 2017 lalu akibat cuaca ekstrim yang melanda Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Namun pada tanggal 9 Desember 2017 lalu sempat dibuka kembali untuk umum hingga tanggal 31 Desember 2017.

  5. Gunung Salak

    Sejak tanggal 5 Desember 2017 lalu, Jalur Pendakian Gunung Salak resmi ditutup. Penutupan ini juga berlaku untuk Kawasan Wisata Kawah Ratu yang berada di lereng Gunung Salak. Haltersebut dilakukan selain karena untuk pemulihan kembali ekosistem yang ada, juga sebagai upaya untuk melindungi para pengunjung dari cuaca ekstrim yang kerap terjadi di wilayah tersebut.

  6. Gunung Merbabu

    Gunung Merbabu yang ada di Jawa Tengah juga akan melakukan penutupan di jalur pendakiannya selama satu bulan penuh, yaitu pada tanggal 1 – 28 Februari 2018. Alasannya sama seperti gunung-gunung lainnya yaiutu untuk program pemulihan ekosistem.

  7. Gunung Agung

    Gunung Agung yang merupakan gunung berapi tertinggi di Pulau Dewata Bali telah resmi ditutup hingga batas waktu yang belum dapat detetapkan, akibat aktivitas vulkanik yang terus meningkat dan berpotensi terjadinya erupsi.

  8. Gunung Sinabung

    Gunung Sinabung juga menutup jalur pendakiannya hingga batas waktu yang belum dapat detetapkan, akibat aktivitas vulkanik yang terus meningkat dan berpotensi terjadinya erupsi.

Itulah ke Delapan Gunung yang dapat Backpacker Traveler informasikan sebagai bahan pertimbangan rencana pendakian kamu ke gunung favoritmu di awal tahun 2018. Semoga bermanfaat dan Happy Traveling!


Peta Lokasi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *