Festival Budaya Indonesia

7 Festival Budaya Indonesia Sepanjang 2018

Indonesia terkenal dengan keanekaragaman budaya yang dimilikinya. Terdapat banyak suku yang memiliki adat dan kebudayaan berbeda-beda tersebar di seluruh penjuru nusantara. Dari keanekaragaman budaya tersebut lahirlah ribuan Festival Budaya yang kerap di gelar oleh hampir setiap kota di Indonesia. Dari ribuan Festival Budaya yang ada, Berikut adalah Tujuh diantaranya yang berhasil menjadi event nasional:

  1. Pesta Kesenian Bali

    Pada tanggal 16 Juni hingga 14 Juli 2018 mendatang, Dinas Pariwisata Kota Bali akan menggelar sebuah festival budaya yang dianggap sebagai festival kesenian yang memiliki durasi waktu terlama, terpanjang dan paling meriah diantara festival seni lainnya di Indonesia.

    Pesta Kesenian Bali akan dilangsungkan selama sebulan penuh, dengan melibatkan ribuan seniman yang berasal dari seluruh penjuru Bali. Festival seni yang digelar secara bertahap melalui kompetisi tingkat desa, tingkat kecamatan, tingkat kabupaten hingga tingkat propinsi.Pesta Kesenian Bali terkenal memiliki karnaval pembukaan yang megah, dan selama kurun waktu empat puluh tahun belakangan selalu dihadiri oleh Presiden RI, pesta ini mewakili puncak kerja seni sepanjang tahun.

  2. Jember Fashion Carnaval

    Jember Fashion Carnival (JFC) merupakan event tahunan yang digelar olah pemerintah Kabupaten Jember bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur. JFC pertama kali digagas oleh Dynand Fariz seorang seniman dan pendidik yang juga pendiri JFC Center.

    Pada tahun ini Jember Fashion Carnival akan digelar pada tanggal 7 hingga 12 Agustus 2018 di Jalan Utama Kota Jember. Ribuan peserta karnaval akan memeragakan busana dengan gaya yang unik di depan jutaan penonton dengan berjalan kaki sepanjang kurang lebih 3,6 kilometer.

  3. Festival Payung Indonesia

    Payung adalah salah satu alat yang berfungsi untuk melindungi manusia dari paparan sinar matahari dan hujan. Seiring berjalannya waktu payung dibuat semakin unik dan menarik dengan berbagai bahan material dan desain yang berbeda-beda.

    Sebagai negara kreatif, Indonesia memiliki ribuan pengrajin payung yang memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing. Demikian juga para pengrajin payung di Jawa Tengah. Beberapa tahun belakangan ini di Jawa Tengah rutin di adakan Fastival Payung Indonesia dengan memampilkan para maestro pengrajin dari desa payung Indonesia, pameran lukisan payung, rajut payung kreatif, fashion wastra nusantara hingga bazar seni payung.

    Pada Tahun ini Festival Payung Indonesia (FPI) akan di gelar pada tanggal 20 Agustus hingga tanggal 8 September 2017, di Kota Surakarta.

  4. Sanur Village Festival

    Sanur Village Festival menjadi salah satu agenda wisata yang paling dinanti oleh para wisatawan baik lokal maupun manca negara. Sanur adalah benchmark pariwisata berbasis masyarakat terbaik di Indonesia. Sanur Village Festival semakin tumbuh dan berkembang karena memiliki pondasi yang sangat kuat yaitu “the new spirit of heritage” yang dijadikan sebagai jati dirinya.

    Dinas Pariwisata Provinsi Bali pada tahun ini akan menggelar Sanur Village Festival pada tanggal 24 hingga 28 Agustus 2018 di Desa Sanur, Denpasar, Bali.

  5. Karnaval Kemerdekaan

    Karnaval Kemerdekaan merupakan sebuah event parade budaya tahunan yang diselenggarakan secara bergilir di kota atau destinasi wisata terpilih di Indonesia. Sepuluh tahun pertama sejak diadakannya karnaval ini yaitu sejak tahun 2005, Karnaval Kemerdekaan selalu diselenggarakan secara tetap di depan istana negara, Jakarta. Namun sejak 2015 lalu gelaran karnaval ini sudah diadakan secara bergilir di kota-kota terpilih yaitu Pontianak (2015), Danau Toba (2016) dan Bandung (2017).

    Karnaval Kemerdekaan tahun ini menampilkan kekayaan budaya Indonesia dalam balutan visual dan busana Nusantara yang megah dan meriah. Masih seperti tahun-tahun sebelumnya kehadiran Karnaval Kemerdekaan merupakan bagian dari rangkaian perayaan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Untuk pelaksanaannya akan di jadwalkan pada tanggal 25 Agustus 2018.

  6. Grand Karnaval Indonesia

    Grand Karnaval Indonesia merupakan karnaval yang diselenggarakan sebagai puncak dari rangkaian karnaval yang di selenggarakan di berbagai kota Indonesia. Di koordinasi oleh JFC, acara ini rutin di gelar setiap 3 tahun sekali. Pada tahun ini Grand Karnaval Indonesia untuk pertama kalinya akan di gelar di Jakarta dalam rangka untuk menyambut hadirnya pesta olah raga se Asia bertajuk Asian Games ke 18 yaitu pada bulan Agustus 2018 mendatang. Grand Karnaval Indonesia sendiri akan diadakan pada tanggal 27 Agustus 2018.

  7. Banyuwangi Ethno Carnival

    10 November 2018 adalah saat yang paling dinanti oleh masyarakat Banyuwangi dan sekitarnya. Pasalnya pada tanggal tersebut akan dilangsungkan sebuah karnaval budaya bertajuk “Banyuwangi Ethno Carnival”. Banyuwangi Ethno Carnival merupakan sebuah karnaval budaya yang menampilkan busana etnik dengan kemasan sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah ekspresi seni yang unik dan menarik.

 

Itulah Tujuh Festival Budaya yang akan digelar sepanjang 2018. Selain ke 7 festival tersebut, masih terdapat banyak lagi Festival Budaya sejenis yang juga akan dihelat sepanjang tahun 2018 ini. Kira-kira festival mana yang hendak kamu kunjungi? Pastikan catat tanggal acaranya dan persiapkan dirimu semaksimal mungkin.


Peta Lokasi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *