Indrayanti Si Cantik Dari Gunungkidul

Langit nampak mendung diiringi rintik gerimis seolah menyambut kedatangan saya dan teman-teman ketika berkunjung ke Gunungkidul, Yogyakarta, untuk menemui si Cantik Indrayanti.  Indrayanti, nama yang cantik, anggun dan penuh pesona.

Ketika mendengar nama Indrayanti tersirat dalam pikiran, sosok gadis desa yang cantik, polos dan rupawan. Namun Indrayanti yang ini ternyata bukanlah sesosok manusia berjenis kelamin wanita yang berparas rupawan.  Indrayanti yang ini adalah sebuah pantai berpasir putih dengan pemandangan di sekelilingnya yang memang cantik mempesona serasi dengan namanya.

Pantai Indrayanti berada di kawasan jajaran pantai yang ada di Gunungkidul, lebih tepatnya di sebelah timur Pantai Sundak yang hanya di batasi dengan jajaran bukit karang.  Tidak hanya bukit karang dan pasir putih yang menghiasi pantai ini, airnya yang jernih berkilau kebiruan seakan melambaikan tangan menyapa pengunjung untuk semakin lebih mendekatinya.

Selain menyajikan keindahan alamnya, pantai Indrayanti juga telah dilengkapi dengan fasilitas berupa restoran dan kafe.  Dan telah tersedia pula beberapa penginapan yang siap memanjakan setiap wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.

Nama Indrayanti sebenarnya bukan nama yang semata-mata diberikan untuk pantai ini, melainkan nama Indrayanti pada awal mulanya adalah nama sebuah restoran dan kafe yang ada di wilayah pantai.  Nama asli dari pantai ini adalah Pantai Pulang Syawal. Namun berhubung yang terpampang dengan jelas adalah papan nama Indrayanti yang berada di kafe dan restoran di pantai ini, maka orang-orang lebih sering menyebut pantai tersebut sebagai pantai Indrayanti dari pada Pulang Syawal.

Pantai ini tampak berbeda dari pantai-pantai lain yang ada disekitarnya.  Pantai Indrayanti tampak lebih bersih dan terbebas dari sampah yang berserakan.  Hal ini terjadi karena pantai ini dikelola oleh pihak swasta.

Untuk melindungi pantai ini dari tangan-tangan jahil dan kelakuan buruk pengunjung yang suka buang sampah sembarangan, pihak pengelola tidak segan-segan menjatuhkan denda kepada setiap wisatawan yang mengotori pantai ini.  Hal tersebut dilakukan demi menjadikan pantai Indrayanti menjadi tempat wisata yang nyaman dan layak untuk dikunjungi.

Selain pantainya yang indah, bersih dan nyaman Indrayanti juga memiliki spot yang sangat indah untuk menikmati sunset di kala senja menjelang.  Di sisi timur pantai terdapat sebuah bukit karang yang cukup tinggi dengan pemandangan hamparan laut yang membatasi samudera hindia, dari puncak inilah kita dapat menyaksikan indahnya matahari terbenam dari sisi barat.  Selain itu, melalui puncak bukit ini kita juga dapat melihat beberapa pantai yang ada disekelilingnya yang hanya di batasi oleh bukit-bukit karang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s