Festival Budaya Indonesia

13 Festival Budaya Akan Digelar Oktober Nanti

Tak terasa tidak lama lagi kita akan memasuki bulan Oktober, dimana pada bulan tersebut akan terjadi berbagai pengalaman penting yang akan kita hadapi. Di Indonesia sendiri, pada bulan Oktober nanti akan hadir 13 Festival Budaya yang tersaji mewarnai hari demi hari.

Bagi sebagian orang Oktober adalah bulan yang paling dinantikan. Karena dibulan tersebut terdapat peristiwa penting yang paling bersejarah sepanjang hidupnya, seperti kelahiran, pernikahan, kelulusan, jadian sama pacar dan hal-hal penting lainnya.

Sebagai pecinta jalan-jalan, tentunya para Backpacker dan juga Traveler sangat menantikan peristiwa penting yang erat hubungannya dengan destinasi wisata. Salah satunya adalah Festival Budaya. Dengan pengunjungi kegiatan rutin tahunan suatu daerah seperti kegiatan Festival Budaya, secara otomatis kita akan memperkaya pengalaman dan pengetahuan kita tentang seputar kebudayaan masyarakat yang ada di negeri tercinta Indonesia.

Berikut adalah 13 Festival Budaya yang akan digelar di bulan Oktober berdasarkan daftar agenda rutin tahunan Kementrian Pariwisata Indonesia. Semoga daftar Festival Budaya berikut bermanfaat dan bisa menjadi referensi perencanaan jalan – jalan kamu di bulan Oktober nanti.

Festival Kerinci, Jambi

Festival Kerinci atau Festival Masyarakan Peduli Danau Kerinci (FMPDK), merupakan acara tahunan Kabupaten Kerinci yang telah masuk dalam agenda pariwisata nasional. Festival ini akan diselenggarakan pada tanggal 3 – 7 Oktober 2018 di Kawasan Wisata Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Pada Festival Kerinci kali ini akan menampilkan pawai budaya, tarian masal, lomba parno adat dari seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Kerinci, serta lomba seni budaya. Selain itu, juga terdapat stan kuliner untuk memanjakan lidah para pengunjung.

Kustomfest, Yogyakarta

Kustomfest adalah sebuah festival kompetisi motor dan pameran kustom terbesar di Indonesia. Dimana festival ini adalah salah satu festival yang sangat dinantikan oleh para pecinta motor terutama pecinta motor kustom. Pada kali ini festival akan diselenggarakan pada tanggal 6 – 7 Oktover 2018 di Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta.

Dalam acara ini, akan ditampilkan sekitar 150 kustom bike dan 40 kustom car terbaik yang sebelumnya telah diseleksi oleh panitia. Selain itu juga turut serta stand – stand produk otomotif, live tattooing, miniatur motor dan mobil, pameran seni, sepeda dan helm khusus serta live music.

Pasar Seni Lukis Indonesia, Jawa Timur

Pasar Seni Lukis Indonesia atau Indonesia Art Mart merupakan sebuah ajang berkumpulnya para insan pelaku seni lukis terbesar dan sudah berlangsung selama lebih dari satu dekade. Tak kurang dari 200 pelukis terbaik Indonesia yang berasal dari berbagai daerah akan turut serta memamerkan karya terbaiknya dalam festival tersebut. Pasar Seni Lukis Indonesia tahun ini merupakan kali ke 11 sejak dihelat, bertempat di JX International Surabaya pameran akan dilangsungkan pada tanggal 12 – 21 Oktober 2018.

Festival Keraton Nusantara, Jawa Timur

Festival Keraton Nusantara merupakan sebuah ajang pertemuan antara raja – raja yang tersebar diseluruh penjuru nusantara. Acara ini melibatkan 50 istana yang ada di Indonesia dan perhelatan kali ini akan digelar di Sumenep Jawa Timur pada 13 – 18 Oktober 2018 mendatang. Festival kali ini merupakan gelaran ke 12 dengan menghadirkan pameran benda-benda suci, pertunjukan seni, seminar budaya, pertemuan raja-raja dan kesultanan di seluruh nusantara, serta pertunjukan upacara budaya dan Kirab Prajurit Keraton.

Festival Pesona Raja Ampat, Papua Barat

Diselenggarakan di Waisai Torang Cinta (WTC) pada 18 – 21 Oktober 2018 mendatang, Festival Pesona Raja Ampat merupakan festival bahari yang mengkolaborasikan antara pesona maritim dan keragaman budaya Raja Ampat. Dalam festival ini pengunjung dapat turut serta bergabung dan berinteraksi langsung dengan warga lokal untuk menikmati keseruan berbagai atraksi dan perlombaan, pentas seni, pameran, serta hiburan rakyat.

Sawah Lunto Internasional Musik Festival, Sumatera Barat

Sawah Lunto Internasional Musik Festival (Simfes) merupakan sebuah festival musik komposisi etnik, modern dan kontemporer yang akan dihelat pada 19 – 21 Oktober mendatang di kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Festival yang rutin digelar setiap tahun ini, menghadirkan pagelaran musik etnik dari berbagai belahan dunia sekaligus untuk mendukung keberagaman etnik dan budaya Sawahlunto sebagai kota heritage yang ada di Indonesia.

Gandrung Sewu, Jawa Timur

Sesuai namanya, bahwa Gandrung Sewu merupakan sebuah festival tari kolosal Gandrung dimana dalam pelaksanaannya jumlah penari yang membawakan tarian tersebut berjumlah ribuan orang. Tari Gandrung sendiri merupakan sebuah tarian yang populer dan menjadi salah satu tarian khas kota Banyuwangi, Jawa Timur. Pada tahun ini Gandrung Sewu akan di selenggarakan di pesisir pantai Banyuwangi pada tanggal 20 Oktober 2018.

Ubud Writer Festival, Bali

Ubud Writers & Readers Festival (UWRF) merupakan sebuah event besar tahunan yang masuk dalam daftar 5 festival terbesar dunia. UWRF didirikan oleh Yayasan Mudra Swari Saraswati pada tahun 2004 sebagai upaya pemulihan dalam menyikapi peristiwa bom Bali 1. Hingga saat ini kegiatan ini terus berkembang dan berhasil menarik minat pengunjung dunia. Hal ini dibuktikan banyak peserta dan bahkan narasumber yang sengaja hadir dari berbagai belahan dunia. Pada perayaan tahun ke-15 kali ini, UWRF akan digelar pada tanggal 24 – 28 Oktober 2018 di Ubud, Bali.

Festival Budaya Irau Malinau, Kalimantan Utara

Festival Budaya Irau Malinau (FBIM) merupakan festival kebudayaan yang digelar sebagai rangkaian acara peringatan HUT kota Malinau, Kalimantan Utara. Festival ini digelar setiap 2 tahun sekali dengan menyuguhkan beragam kemeriahan seperti pertunjukan seni budaya, pameran dan aneka perlombaan. Pada tahun ini perayaan akan digelar pada tanggal 26 Oktober 2018 dan merupakan perayaan ke-9 sebagai rangkaian perayaan HUT Kabupaten Malinau yang ke-19.

Festival Likurai Timor, NTT

Festival Likurai adalah festival yang menampilkan Tari Likurai yang merupakan tarian perang yang dimiliki oleh masyarakat pulau Timor. Tarian tersebut mengisahkan suatu pertarungan yang dilakukan oleh penduduk pulau Timor untuk mengusir penjajah pada masa penjajahan.

Festival ini diadakan selain untuk melestarikan kesenian dan kebudayaan tradisional Indonesia, juga untuk mendorong kelangsungan hidup pariwisata daerah kabupaten Balu. Ribuan penari akan turut serta pada festival yang akan digelar 27 Oktober 2018 mendatang. Pada perayaan sebelumnya, Festival Likurai telah sukses memecahkan rekor MURI untuk kategori jumlah penari tradisional terbanyak.

Festival Danau Sentarum, Kalimantan Barat

Festival Danau Sentarum Betung Kerihun (FDSBK) 2018 merupakan sebuah festival seni dan budaya yang digelar berkat kolaborasi antara pemerintah daerah dan pusat serta beberapa LSM. Pada festival tahun ini FDSBK akan menghadirkan pameran hasil kerajinan masyarakat setempat, kuliner khas lokal, dan berbagai kompetisi seperti kompetisi sumpit, kompetisi gasing, kompetisi kano dan lomba minum madu. Untuk tanggal pelaksanaannya telah ditetapkan bahwa festival tersebut akan digelar pada tanggal 27 hingga 29 Oktober 2018.

Kemilau Madura, Jawa Timur

Kemilau Madura 2018 akan dilangsungkan pada tanggal 28-29 Oktober 2018 dimana Kabupaten Pamekasan dan Sumenep akan menjadi pusat pelaksanaanya. Festifal ini merupakan perhelatan festival seni dan budaya terbesar di Madura.

Karapan Sapi Klasik, lomba Sape Sono, karnaval Daul, Batik on the Street, dan pesta seni tradisional akan dihadirkan untuk memeriahkan suasana festival. Tanggal 28-29 Oktober 2018 waktu yang dipilih untuk melaksanakan festival tersebut dengan melibatkan 4 kabupaten yang ada di pulau Madura yakni Pamekasan, Bangkalan, Sumenep juga Sampang.

Jakarta Marathon, DKI Jakarta

Jakarta Marathon adalah sebuah event olahraga Marathon berskala Internasional pertama yang diadakan di Indonesia. Pada awal pelaksanaannya (27 Oktober 2013) Jakartha Marathon sukses dengan diikuti oleh lebih dari 10.000 pelari yang berasal deri berbagai Negara di seluruh penjuru dunia. Salah satu diantaranya adalah para pelari elit dunia yang berasal dari Kenya, Ethiopia, Inggris, Jepang, Perancis, dan Australia.

Pada tahun ini Jakarta Marathon akan digelar pada tanggal 28 Oktober 2018 bertempat di Jakarta dengan melombakan 7 kategori yakni Marathon Open, Marathon Indonesian, Marathon Master 40+, Half Marathon Open, 10K Indonesian, 5K Indonesian, Serta Marathonz Open yang dikhususkan untuk anak-anak.


Peta Lokasi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *